SOFT WARE

Standar

VIDEO STREAMING

 Pengertian Video Streaming

 Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video diinternet melalui browser dimana kita tidak perlu men-download file video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya.

Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan.

Video streaming banyak diimplementasikan pada dunia pertelevisian untuk melakukan siaran dari website atau mengirimkan gambar siaran langsung melalui website atau disebut juga live streming. Jadi gambar yang didapatkan dari siaran langsung, sesegera mungkin ditransmisikan dan dapat diputar melalui internet.

 

 

Metode Video Streaming

 

Secara umum metode streaming video sangatlah sederhana, yaitu dengan membagi video dalam beberapa bagian paket yang dienkode sebelum dikirim, selanjutnya pada resicivier, oaket tersebut akan didekode agar bisa diputar. kegiatan seperti ini akan terus dilakukan sampai paket video telah terkirim sepenuhnya. contoh :

saya akan menonton pidato barack Obama melalui website abcnews.go.com, maka tv abc akan memecah video Obama dalam beberapa paket yang diencode dalam sebuah file video codec seperti H.264 or WebM, selanjutnya paket tersebut dikirim dan diterima oleh user dalam bentuk bitstream yang digabungkan kembali dan disimpan dalam buffering memory. bitstream tersebut kemudian diencode menjadi file bertipe FLV atau lainnya, file inilah yang kemudian diputar oleh browser.

 Sebenarnya penggunaan video streaming ini sudah lama kita lakukan, mungkin kita sudah lupa dengan penggunaan kita pada Yahoo Messenger, skype, youtoube atau yang sejenisnya, kita sudah lakukan sebelum 3G menjamur, sekitar tahun 2008 lebih kurangnya, mulai muncul media televisi di Indonesia yang menggunakan video streaming, seperti metrotv, antv, transtv kini sudah sampai tvone.

Video streaming sebenarnya sebuah teknologi yang mempermudah kita dalam mendapatkan informasi dalam bentuk tampilan video, apalagi dengan internet menjamur di segala penjuru dunia kita makin mudah mendapatkan informasi dan menikmati hiburan tanpa membutuhkan media antena televisi biasa maupun parabola, karena banyak broadcast televisi yang free to air memberikan fasilitas tersebut agar media tersebut dapat di simak disegala penjuru dunia, seperti saat kita di Singapur, Amerika, dan lainnya kita masih bisa menyimak tayangan televisi di tanah air tanpa perangkat antena televisi atau parabola.

Kemudahan tersebut membuat kita semakin merasa dunia dalam genggaman, kita dapat melihat televisi, kita dapat berkomunikasi dengan interaktif 3G atau melalui media Gtalk,Yahoo Messenger, Skype dan lainnya adalah sebuah manfaat dari sebuah teknologi video streaming.

VOIP

Pengertian VOIP (Voice Over Internet Protocol)

VOIP singkatan dari Voice Over Internet Protocol atau biasa disebut digital phone merupakan salah satu bagian dari teknologi transmisi untuk mentransmisikan komunikasi suara melalui IP, seperti internet ataupun packet-switched networks. Dengan menggunakan VoIP, kita dapat melakukan panggilan telepon melalui koneksi internet, tidak lagi menggunakan saluran telepon konvensional yang melakukan transmisi secara analog. Beberapa layanan VoIP hanya bisa di gunakan untuk melakukan panggilan ke orang lain yang menggunakan layanan yang sama. Tetapi ada juga layanan VoIP yang dapat melakukan panggilan kepada siapa saja melalui nomor telepon, lokal, jarak jauh, mobile phone bahkan nomor internasional.

Cara kerja VOIP
VoIP mengkonversikan atau mengubah suara anda yang merupakan sinyal analog menjadi sinyal digital yang ditransmisikan melalui internet. Tidak seperti telepon konvensional yang mentransmisikan suara anda menggunkan sinyal listrik melalui kabel. VoIP dapat digunakan langsung melalui komputer, telepon khusus VoIP ataupun pesawat telepon konvensional yang tersambung menggunakan alat khusus yang dinamakan VoIP adapter.

Secara garis besar layanan VoIP dapat dibagi menjadi 4, yaitu :
1. Computer to Computer
Layanan ini merupakan layanan voice call yang menggunakan komputer sebagai alat komunikasi. Dengan menggunakan layanan khusus di internet kita bisa menggunakan komputer kita yang telah terhubung dengan internet untuk melakukan panggilan ke komputer lain yang menggunakan layanan yang sama. Banyak penyedia layanan VoIP di internet. Salah satu layanan yang mendukung panggilan suara melalui internet adalah Yahoo messenger. Dengan menggunakan Yahoo messenger kita bisa melakukan voice call dengan sesama user. Begitu juga penyedia layanan lainnya, seperti MSN messenger ataupun Skype. Layanan VoIP computer to computer dapat dilakukan secara gratis, anda hanya cukup menyediakan koneksi internet pada komputer anda.

2. Computer to Phone
Layanan ini merupakan layanan yang memungkinkan kita melakukan panggilan dari komputer ke telepon, baik itu telepon tetap (PSTN) ataupun mobile phone (handphone). Layanan ini juga membutuhkan penyedia layanan di internet. Salah satu penyedia layanan ini adalah Skype. Layanan ini juga tidak gratis seperti layanan computer to computer VoIP, layanan ini membutuhkan biaya yang harus dibeli terlebih dahulu (sistem prabayar). Cara menggunakan layanan ini juga tidak sulit. Pertama, kita harus memiliki account di penyedia layanan terkait, biasanya membuat account tidak di pungut biaya. Lalu kita membeli credit atau bisa juga disebut pulsa, yang nantinya akan digunakan untuk melakukan panggilan ke telepon. Panggilan yang dilakukan tidak hanya ke nomor telepon lokal, namun panggilan dapat dilakukan untuk menghubungi nomor internasional di seluruh dunia. Dan juga, kita dapat melakukan panggilan baik ke telepon tetap ataupun handphone. Tarif yang digunakan mengacu pada penyedia layanan.

3. Phone to Computer
Layanan VoIP call ini merupakan layanan yang memungkinkan anda melakukan panggilan dari telepon ke komputer. Lagi-lagi penyedia layanan yang mendukung layanan ini salah satunya adalah Skype. Saat kita mempunyai account skype, kita juga dapat mempunyai apa yang di sebut Online Number. Online number inilah yang nantinya dapat di hubungi dari telepon manapun.

4. Phone to Phone
Layanan dilakukan dengan menggunakan pesawat telepon khusus atau telepon konvensional yang di hubungkan dengan VoIP adapter. Untuk menggunakan layanan ini kita harus menggunakan penyedia layanan phone to phone VoIP. Salah satu penyedia layanan ini adalah Phone Power. Dengan layanan ini kita dapat melakukan panggilan kemana pun diseluruh dunia yang menggunakan alat yang mendukung.

Pengertian video telephony

adalah telepon dengan layar video dan mampu menangkap video (gambar) sekaligus suara yang ditransmisikan. Fungsi telepon video sebagai alat komunikasi antara satu orang dengan orang yang lainnya secara waktu nyata (real-time). Saat ini telepon video sangat berguna bagi orang tuli dan bisu, karena melalui telepon video, komunikasi bisa dilakukan dengan menggunakan bahasa isyarat melalui layanan video tersebut. Begitu juga untuk orang-orang yang berada ditempat lain yang jauh dan ingin berkomunikasi dengan orang yang berada ditempat lain yang jauh pula. Telepon video dapat digunakan sebagai alat yang dapat menyalurkan gambar serta suara dalam bentuk video sehingga terlihat seperti nyata.

ENCODER

Pengertian encoder

Dari beberapa sumber encoder memiliki definisi yang berbeda, yaitu:

  1. Encoder adalah rangkaian logika yang menerima input “n” dan output “m”, sedemikian rupa sehingga “hanya satu masukan saja yang di aktifkan” pada setiap saat.
  1. Encoder adalah sebuah rangkaian yang berfungsi untuk menterjemahkan keaktifan salah satu inputnya menjadi urutan bit-bit biner.
  2. Encoder merupakan kebalikan dari decoder, yaitu memiliki saluran input dan hanya satu saluran input yang dapat berhubungan dengan kombinasi beberapa saluran output.
  3. encoder adalah rangkaian peubah dari bahasa computer kedalam bahasa manusia.

banyak system digital memanfaatkan saklar atau tombol untuk memasukan data ke dalam system, satu contoh yang banyak di gunakan adalah kalkulator elektronik yang menggunakan keybcard untuk memasukan datanya, computer, telepon, dan system pengendali pada pabrik-pabrik.

Berikut merupakan rangkaian saklar encoder decimal ke BCD dengan menggunakan 10 saklar (key board), dimana setiap saklar merefleksikan sebuah nomor decimal 0-9. Semua saklar kondisi normal terbuka (open), bila salah satu saklar ditekan maka akan dikirim signal low pada gerbang dasar dan dip roses untuk menghasilkan output berupa nilai BCD.

Sebagai contoh saklar SW 5 ditekan maka output akan dihasilkan kode BCD 0101 atau merupakan  angka 5 (lima), gambar 24 merupakan rangkaian yang dapat digunakan bilanama kita ingin memasukan data kedalam system digital. Seperti pada sebuah kalkulator dimana seorang operator menekan tombolo angka setiap kali penekanan bilanga decimal disimpan kedalam 4 bit register penyimpan pada 4 bit FF register berikutnya dan seterusnya sampai angka yang terakhir. Dengan demikian untuk kalkulator untuk menampung 8 angka di perlukan 8 buat 4 bit FF register.

Priority encoder merupakan rangkaian kombinasional logika yang berfungsi mengolah berapapun jumlah elemen input di-ACTIVE-kan secara bersamaandengan konsep prioritas, yaitu memilih elemen input ACTIVE tertentu.Untuk sebuah priority encoder dengan m output, jumlah yang di prioritaskan adalah sebanyak jumlah input, tidak lebih dari 2m .

Operasi dari rangkaian priority encoder adalah sebagai berikut: Jika ada atau dua lebih nilain input bernilai 1 pada saat yang sama, maka input yang mempunyai prioritas tertinggi yang akan diambil. Table kabenaran priority encoder diberikan pada tabel. Kondisi x  adalah kondisi don’t care, yang menyatakan bila input ini bernilai 1 atau  0. Input D3 mempunyai prioritas tertinggi, sehingga bila input ini bernilai 1  maka ouput X dan Y keduanya akan bernilai 1 (11 menyatakan biner dari 3). Input D2 mempunyai prioritas kedua, dengan output X dan Y bernilai 10 menyatakan biner 2, dimana niput D2 = 1 dan D3 = 0. Input D1 adalah prioritas ketiga dengan output X dan Y bernilai 01 yang menyatakan biner 1, dimana input D1 = 1, sedangkan D­2 = D3 = 0. Prioritas terendah adalah input D0, yang akan memberikan output X dan Y = 00 (menytaka  biner 0), jika input D1 bernilai 1, sedang ketiga input lainnya bernilai 0.

MPEG 2 DAN MPEG 4

MPEG merupakan singkatan dari motion picture expert group, bagian dari ISO (International Organization For Standardization) dan IEC (International electrotechnical commision) yang menciptakan dan mempublikasikan standar pada berbagai macam area teknologi. MPEG merupakan standart untuk format audio dan video yang digunakan secara online, pada siaran televisi dan  pada media DVD.

Pengertian MPEG-1 dan MPEG-4

MPEG-2

Merupakan standart yang mengalami peningkatan dari MPEG-1 yang bisa mengkompresi audio dan video. Dengan menyertakan kemampuan untuk mengkodekan (encode) gambar interlaced (interlaced picture) standart MPEG-2 digunakan secara luas untuk kabel digital, satelit dan sinyal digital melalui udara (over the air digitals signal). Format ini juga lazim digunakan untuk mendistribusikan DVD. Penerima televisi, DVD player dan stasiun televisi juga menggunakan standart MPEG-2

MPEG-4

Dengan menggabungkan MPEG-1 dan MPEG-2, standart MPEG-4 memperluas fungsionalitas kompresi audio dan video dengan meningkatkan fleksibilitas format. Format MPEG-4 mendukung 3D rendered object , dan j uga menggunakan perlindungan copyright yang dikenal dengan DRM (Digital Rights Management), MPEG-4 dapat digunakan untuk menyiarkan acara televisi, online streaming media seperti video phone, dan distribusi media digital.

Perbedaan Receiver MPEG2 dan MPEG4

 

Receiver MPEG2 :

  1. Hanya dapat menangkap dan menayangkan Channel dengan format video MPEG2 (seperti Global TV, Trans TV, Trans 7,dll).
  2. Tidak bisa menangkap dan menayangkan Channel dengan fotmar video MPEG4 (seperti Kompas TV, KBS World, dll).
  3. Biasanya belum support HDMI.
  4. Tidak mudah hang/co.id.
  5. Tunner lebih peka dari MPEG4 (jadi kalau mau Tracking lebih baik menggunakan receiver MPEG2 saja).
  6. Harga bersahabat.
  7. Ada yang sudah support bisskey dan ada yang belum.

Receiver MPEG4 :

  1. Dapan menangkap dan menayangkan Channel dengan format video MPEG4 sekaligus dapat juga menangkap dan menayangkan Channel dengan format video MPEG2.
  2. Kualitas video lebih baik dari MPEG2.
  3. Sudah mendukung HDMI.
  4. Biasanya mudah hang/co.id.
  5. Tunner agak kurang peka dibanding receiver MPEG2.
  6. Harga biasanya agak jauh dari receiver MPEG2.
  7. Ada yang sudah support bisskey dan ada yang belum.

 

Sumber Referensi :

http://riccoroviandy.blogspot.com/2013/01/pengertian-video-streaming.html

http://teknologi.kompasiana.com/internet/2010/11/28/pengertian-dan-kegunaan-video-streaming-teleconfrence-321337.html

http://djuneardy.blogspot.com/2013/03/pengertian-voip-membuat-provider-sendiri.html

http://nana-afrina.blogspot.com/2011/04/pengertian-voip.html

http://137-muhamadsarip.blogspot.com/2012/03/pengertian-video-telephony-dan-voip.html

http://blog.ub.ac.id/home/encoder-dan-decoder-contoh-dan-pengertiannya/

http://blog.ub.ac.id/home/encoder-dan-decoder-contoh-dan-pengertiannya/

http://www.t4belajar.com/2013/03/perbedaan-receiver-mpeg2-dan-mpeg4.html

http://gicara.com/uncategorized/apa-yang-dimaksud-dengan-mpeg.html#

http://y3pp33.wordpress.com/2009/07/27/memahami-format-audio-video-2/

http://kaleefaanfield.blogspot.com/2013/03/beda-receiver-mpeg2-dan-mpeg4-pada.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s