Tugas Analisa Teknik dan Biaya III

Standar
 
1.       Dalam melakukan kegiatan bisnis jenis biaya apa yang menjadi fokus untuk segera di selesaikan? Jelaskan jawaban anda !
2.       Kegiatan maintenance yang dilakukan secara berkala akan menggunakan jenis biaya semi variabel. Jelaskan mengapa dalam kegiatan maintence jenis biaya ini yang digunakan ! Bila anda adalah orang yang bertanggung jawab dalam kegiatan maintenance tersebut, hal apakah yang harus anda lakukan agar dapat meminimalkan biaya ? jelaskan jawaban anda !
3.       Harga sparepart sering mengikuti fluktuasi harga pasar terutama terkait dengan inflasi yang akan membedakan antara nilai uang yang ada saat ini dengan nilai uang yang akan anda terima pada waktu yang akan datang. Bila anda adalah orang yang bertanggung jawab dalam pembelian sparepart, hal apakah yang harus anda lakukan agar dapat meminimalkan biaya sparepart ? jelaskan jawaban anda !
 
Jawab
1.       Dalam dunia bisnis bahwasannya semua biaya yang ada dalam menajemen industri merupakan hal yang paling vital. Biaya yang paling utama dan menjadi fokus utamanya adalah Biaya Tetap (fixed cost), biaya inilah yang membuat manajemen perusahaan dituntut untuk mrngambil keputusan yang tepat, dan mempertimbangkan antara biaya variabel dan biaya tetap (fixed cost) karena biaya tetap tergantung dari teknologi yang digunakan, pemasaran jangka panjang,dan strategi manajemen. Oleh karenanya jika biaya tetap tinggi maka biaya variabel harus rendah begitu juga sebaliknya, jika tidak seperti demikian maka perusahaan untuk mencapailaba yang ditargetkan atau minimal titik impasnya membutuhkan jangka waktu yang lama dan hal ini lah yang akan merugikan perusahaan, belum lagi ditambah pangsa pasar yang kurang baik atau terbatas. Untuk perusahaan yang akan membuat produk baru sebaiknya tidak menggunakan biaya tetap yang terlalu tinggi karena banyak hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu yangbterutama pangsa pasar.
2.       Biaya semi variable adalah biaya yang perilakunya tidak mengikuti volume kegiatan sebagai biaya Variable dan tidak bersifat Tetap. Biaya semi variable perubahan biayanya ditentukan dan sekaligus tidak ditentukan oleh besarnya aktivitas operasional perusahaan. Maksudnya suatu item biaya dalam jumlah tertentu sudah menjadi biaya tetap sedangkan selebihnya adalah unsur semi variabel. Contoh: biaya listrik ( listrik untuk penerangan adalah biaya tetap, listrik untuk menggerakkan mesin pabrik adalah biaya variabel ), biaya pemeliharaan mesin pabrik ( biaya pemeliharaan mesin yang rutin dikeluarkan, seperti penggantian seal, penggantian oli,penggantian komponen dan instrument-instrumen lainya serta overhaul adalah termasuk Biaya Tetap, sedangkan biaya yang dikeluarkan tidak rutin atau insidentil seperti memperbaiki mesin yang mendadak rusak (problem) pada saat proses produksi berlangsung dan lain sebagainya hal seperti ini termasuk kedalam jenis biaya variabel). Untuk mengendalikan biaya maintenance yang diberikan kepada saya, yang akan saya lakukan adalah memperhitungkan berapa biaya maintenace yang dibutuhkan saat ini. apabila sudah ditentukan, tentunya saya harus mengatur bagaimana caranya agar biaya maintenance sesuai dengan anggaran yang talah ditentukan. Sebagai pedoman untuk kedepanya dalam melakukan maintenance mesin-mesin produksi saya akan membuat history record mesin, yang menandakan keadaan mesin pada tahun-tahun sebelumnya serta berisikan data preventive maintenance dan corrective maintenance. Sehingga untuk tahun-tahun brikutnya diharapkan sudah bisa diantisipasi dalam hal perawatan dan pembelian spare part dan umur pakai spare part dapat di prediksi. Dan saya juga harus memikirkan biaya maintenance untuk masa yang akan datang, karena pasti biaya maintenance saat ini akan sangat berbeda dengan biaya maintenance yang akan datang. Karena berpengaruh terhadap pemasukan dan pengeluaran dari suatu perusahaan dan juga berubahnya nilai intrinsic dari mata uang.
3.       Harga spare part akan mengikuti fluktuasi harga pasar terutama dengan terkaitnya inflasi suatu nilai uang, Nilai intrisik adalah nilai dari barang atau jasa itu sendiri yang terkandung didalamnya. Jika saya seseorang yang di beri tanggung jawab terhadap perusahaan dalam hal perawatan mesin maka suatu hal yang saya harus ketahui adalah nilai mata uang. Karena nilai uang inilah yang akan berfluktuasi dari waktu-kewaktu dan sangat dipengaruhi oleh permintaan akan kebutuhan barang dan jasa. Untuk menekan biaya pengeluaran sekecil-kecilnya maka hal yang kita lakukan adalah dengan mempertimbangkan apakah kita membeli spare part tahun ini atau tahun depan, tetunya kita tidak asal memperkirakan harga sekarang dengan harga yang akan datang dengan logika. Karena hal ini mempunyai nilai rill, langkah yang kita ambil agar tidak merugikan perusahaan yaitu :
  • Melihat valuta asing (kurs dunia) nilai ini yang mempengaruhi tinggi rendahnya harga barang tersebut.
  • Pembelian suku cadang lebih dini setelah melihat nilai kurs dunia mulai turun.
  • Merencanakan pembelian dan membuat kesepakatan perjanjian kepada penjual untuk tahun yang akan datang dengan harga yang sekarang.dan tentunya sebelum nilai uang berfluktuasi kita sudah membuat kesepakatannya.
  • Menunda pembelian spare part untuk tahunyang akan datang dengan alasan jika harus dibelanjakan perusahaan akan rugi besar. Penundaan pembelian spare part akan beresiko jika massa penundaan terlalu lama, untuk antisipasinya dengan membuat history record, agar keadaan fisik maupun fungsi dapat diketahui dan diprediksi, sehingga masa penundaan dapat dibatasi, dan memantau terus nilai kurs dunia(valuta saing)

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s